Trees For Their Future

Tambakrejo, Semarang – ASA Wooden Toys berhasil menjalankan sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit pohon mangrove di pesisir Tambakrejo, Semarang. Kegiatan kampanye yang diberi nama “Trees For Their Future” ini dilaksanakan atas dasar keresahan ASA Wooden Toys dan LindungiHutan terhadap berbagai masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia, khususnya di pesisir Tambakrejo, Semarang. Kerusakan ini semakin diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat akan upaya pelestarian lingkungan dan meningkatnya berbagai aktivitas yang dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu, ASA Wooden Toys dan LindungiHutan berharap kampanye ini dapat menanggulangi kerusakan alam dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.

Ads

 

Trees for Their Future
Gambar 1. Kampanye Alam ASA Wooden Toys © LindungiHutan

Apa Itu ASA Wooden Toys?

ASA Wooden Toys atau juga yang dikenal sebagai ASA Montessori merupakan sebuah bisnis keluarga yang bergerak dalam usaha kerajinan tangan berbahan dasar kayu berupa mainan edukasi anak. Produk yang berupa mainan dan kenang-kenangan ini menerapkan prinsip montessori. Prinsip ini menekankan akan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar dengan perkembangan anak dan fungsi aktivitas fisik yang dapat membantu penyerapan pengetahuan. Oleh karena itu, ASA Wooden Toys mengembangkan produk mainan yang interaktif dan edukatif dengan menggunakan bahan alami yang aman bagi kesehatan dan lingkungan. Produk tersebut akan dijual di Shopee, Tokopedia, dan berbagai toko on-site lainnya serta dipromosikan melalui akun Instagram @asawoodentoys.

Trees for Their Future
Gambar 2. Akun Instagram ASA Wooden Toys © Instagram

Kampanye Alam “Trees For Their Future”

ASA Wooden Toys memutuskan untuk membuat suatu kampanye alam berupa penanaman bibit pohon mangrove di pesisir Tambakrejo, Semarang. Mereka melakukan hal ini atas dasar rasa tanggung jawab sebagai salah satu produsen yang menggunakan bahan baku dari alam dan keresahan akan meningkatnya kerusakan alam di pesisir Tambakrejo. Hal ini semakin diperparah dengan kurangnya kesadaran akan pelestarian lingkungan, meningkatnya aktivitas yang merusak lingkungan, dan minimnya ekosistem hutan pesisir yang sehat. Sadar akan hal ini, ASA Wooden Toys memutuskan untuk melakukan aksi nyata pelestarian lingkungan berupa penanaman bibit mangrove melalui sebuah kampanye alam bersama dengan LindungiHutan. 

Seperti yang tertulis sebelumnya, pesisir Tambakrejo, Semarang mengalami kerusakan alam yang parah. Kerusakan ini diakibatkan oleh abrasi dan banjir rob yang terus menerus melanda pesisir. Hal ini semakin diperparah dengan minimnya ekosistem hutan pesisir yang memiliki peran melindungi area pesisir. Akibatnya, terdapat berbagai masalah yang mengancam keberlangsungan hidup masyarakat di area tersebut, seperti lahan yang hilang ditelan ombak, kerusakan ekosistem biota laut, hilangnya mata pencaharian masyarakat, dan lain-lain. 

Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove – Wanaswara
Gambar 3. Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi LindungiHutan

Sadar akan hal ini, ASA Wooden Toys mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk berkontribusi dalam usaha pelestarian lingkungan di Tambakrejo demi masa depan generasi berikutnya. Bersama dengan LindungiHutan, mereka membuka sebuah penggalangan dana online untuk pembelian bibit mangrove dengan donasi sebesar Rp.10.000,00. Selain itu, mereka juga menyebarkan berbagai informasi mengenai kegiatan kampanye di jaringan sosial media ASA Wooden Toys dan LindungiHutan dengan tujuan menarik perhatian masyarakat akan isu lingkungan. Hal ini juga dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan. Pada saat yang sama, ASA Wooden Toys menyisihkan 8% profit penjualan mereka untuk membeli bibit pohon mangrove sebagai salah satu bentuk kontribusi. Semua usaha ini berhasil mengumpulkan dan menanam 300 bibit mangrove jenis Rhizophora sp dengan tinggi 70 cm dan diameter 2 cm dalam kondisi yang baik. Seluruh rangkaian kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp3.000.000,00. Kegiatan penanaman ini dihadiri oleh tim LindungiHutan, komunitas Camar, dan 5 orang peserta gabung aksi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Greener Earth For Better Future

Sadar atau tidak, berbagai kerusakan alam yang terjadi sekarang ini kian lama kian mengancam keberlangsungan hidup manusia. Ambil saja laut sebagai contohnya. Terdapat berbagai limbah dan polusi berbahaya yang ada di laut, seperti mikroplastik, logam berat, merkuri, dan lain-lain. Akibatnya, semakin meningkatnya berbagai masalah lingkungan yang dapat mengancam kelestarian lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia, seperti rusaknya terumbu karang, keberadaan mikroplastik pada biota laut, meningkatnya jejak karbon, dan lain-lain. Padahal, jika hal ini semakin dibiarkan, maka akan membawa manusia ke ambang kehancuran. Oleh karena itu, kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan melestarikan alam bagi masa depan yang lebih baik.

Hasil Penanaman Bibit Mangrove 1 – Wanaswara
Gambar 4. Hasil Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi LindungiHutan

Salah satu cara menjaga dan melestarikan lingkungan adalah dengan melakukan upaya penghijauan, terutama di daerah yang mengalami kerusakan. Salah satu jenis penanaman pohon yang sering dilakukan adalah penanaman bibit mangrove di area pesisir. Mangrove memiliki kemampuan untuk memulihkan ekosistem pesisir yang rusak, menahan abrasi dan terjangan ombak, menyaring air, dan menambah garis pantai. Tentu saja, semua ini sangat diperlukan bagi Indonesia yang notabene merupakan negara kepulauan. Selain itu, berbagai penanaman pohon dapat menanggulangi kerusakan alam, memberikan keasrian pada lingkungan, meningkatkan area resapan air, meningkatkan kesejahteraan manusia, dan lain-lain.

Kegiatan kampanye alam ASA Wooden Toys dan LindungiHutan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Melalui rangkaian kegiatan kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Sehingga, masyarakat akan mengambil langkah aktif perubahan. Semua ini kita lakukan untuk memastikan kesejahteraan anak-cucu kita di masa depan. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

ASA Wooden Toys. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/asawoodentoys/?hl=en

LindungiHutan. (2020, Oktober 20). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/asamontessori

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!