Trimulyo dan Rob yang Selalu Menghampiri

Banjir di Pantura
Banjir yang Melanda Beberapa Titik Rawan di Pantura

LindungiHutan.com, Semarang – Kota Semarang merupakan salah satu kota yang menjadi langganan rob setiap tahunnya terutama di kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk. Rob, atau banjir air laut merupakan kondisi dimana air laut pasang dan menggenangi daratan, biasanya terjadi pada daerah yang wilayahnya lebih rendah dari muka air laut.

Ads

Di Semarang permasalahan rob ini telah terjadi cukup lama dan semakin parah karena terjadi penurunan muka tanah sedang muka air laut meninggi sebagai akibat pemanasan suhu bumi. Dikhawatirkan, rob akan menjadi permasalahan besar di kemudian hari.

Baca Lainnya : Pemkot Semarang untuk LindungiHutan

Dampak akibat banjir rob ternyata cukup luas, tidak hanya dirasakan oleh warga setempat yang tinggal di daerah sekitar terjadinya rob, namun juga berdampak pada akses distribusi pengangkutan barang, seperti pelabuhan.

Gambaran Banjir yang Diakibatkan Rob di Trimulyo
Gambaran Banjir yang Diakibatkan Rob di Trimulyo (Sumber : Tribun Jateng)

Saat ini, sekitar 1.400 Ha wilayah pesisir Kota Semarang terkena dampak banjir rob. Daerah terdampak rob tertinggi terjadi di Kelurahan Tanjung Mas, Terboyo Kulon, Purwodinatan dan Semarang Tengah.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Wilayah Pesisir Semarang yang Terkena Dampak Rob
Wilayah Pesisir Semarang yang Terkena Dampak Rob

Salah satu upaya untuk menanggulangi rob agar tidak semakin meluas adalah dengan penanaman mangrove. Selain mencegah abrasi, akar mangrove juga memiliki fungsi untuk menjerat sedimen, dan diharapkan akan memunculkan daratan baru kedepannya.

Prihatin Rob di Trimulyo, Relawan LindungiHutan Semarang Tanam Mangrove

Relawan dan TIm LindungiHutan dalam Kegiatan Kampanye Alam di Trimulyo
Relawan dan TIm LindungiHutan dalam Kegiatan Kampanye Alam di Trimulyo (Dok. LindungiHutan)

Hal tersebut yang dilakukan oleh Relawan LindungiHutan Semarang. Bekerjasama dengan Kelompok Pemuda Tripari, pada 25 Februari 2018 lalu, mereka menanam 218 bibit mangrove di Trimulyo, Kecamatan Genuk, Semarang.

Baca Lainnya: Belalang Ranting, Serangga Terpanjang dari Hutan Kalimantan

Penanaman Mangrove Cegah Rob di Trimulyo
Penanaman Mangrove Cegah Rob di Trimulyo (Dok.LindungiHutan)

Meskipun lokasi penanaman cukup jauh dan kondisinya berlumpur tebal, antusiasme relawan tetap tinggi. Dengan berkubang lumpur, mereka menanam satu persatu bibit di lokasi yang telah disiapkan. Harapan mereka hanya satu, bibit yang mereka tanam hari itu akan dapat mengurangi dampak rob di Semarang, suatu hari nanti. (Kika)*

Referensi : ilmugeografi

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!