Tumbuhan Langka di Dunia, Perlu Dilestarikan

LindungiHutan.com, Semarang. Tuhan menciptakan mahluk-mahluknya dengan keberagaman yang tinggi, baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Di dunia ini ternyata terdapat tumbuhan-tumbuhan langka yang khas di daerah tersebut lho Sahabat. Ciri khas tumbuhan yang unik dan tak hidup disembarang tempat itulah mengapa tumbuhan itu masuk dalam kategori tumbuhan langka.

Ads

Baca Lainnya : Hitung Jejak Karbon Pribadi Tuk Dukung Aksi Perbaikan Iklim

Apa saja ya tumbuhan langka yang ada di dunia? Ternyata beberapa diantaranya ada yang dari Indonesia lho.

Tumbuhan Langka yang perlu dilestarikan Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis
Welwitschia Mirabilis

Ini dia tumbuhan yang paling tangguh di dunia. Meskipun hanya memiliki dua daun dan bentuknya juga sangat sederhana, ternyata tumbuhan  ini bisa bertahan lima tahun tanpa hujan dan bisa hidup selama 400 tahun bahkan 1,5 abad.

Tanaman ini telah hidup dari zaman purba dan sekarang tumbuh di daerah kecil sepanjang wilayah pantai Samudera Atlantik di Namibia dan Angola Selatan. Uniknya, meskipun hidup di gurun, tanaman ini justru memiliki daun yang lebar. Dua daun inilah yang akan terus memanjang dari pertama kali tumbuh hingga sepanjang hidupnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Rafflesia Arnoldi

Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Rafflesia Arnoldi
Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Rafflesia Arnoldi

Banyak yang mengira bahwa Rafflesia arnoldii itu sama dengan bunga bangkai, padahal meskipun sama-sama mengeluarkan bau busuk tetapi keduanya berasal dari jenis yang berbeda. Rafflesia arnoldii biasanya tumbuh melebar ke samping sedangkan bunga bangkai tumbuh menjulang ke atas.

Ketika bunga ini mekar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 10 kilogram. Masa tumbuh bunga ini sekitar 9 bulan. Bunga ini hanya akan mekar selama 7 hari sebelum kemudian ia layu dan mati. Sahabat bisa menemukan tanaman ini di Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Bengkulu.

Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Amorphophallus Titanium

Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Amorphophallus Titanium
Tumbuhan Langka yang Perlu Dilestarikan, Amorphophallus Titanium

Seperti yang sudah dituliskan di atas, tak jarang orang yang berpikir bahwa bunga bangkai dan rafflesia adalah spesies yang sama. Padahal, meskipun sama-sama berbau tak sedap keduanya memiliki perbedaan. Berbeda dengan rafflesia, bunga bangkai titan arum ini berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. Sedangkan mahkotanya berwarna merah keunguan.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Sekilas bentuknya saat mekar terlihat seperti bunga terompet. Bila rafflesia hanya melebar, bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi. Ketinggian bunga bangkai jenis Amorphophallus titanium ini bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 m.
Bunga ini bisa tumbuh menjulang dengan tinggi mencapai 4 meter. Ketika mulai mekar bagian luar bunga berwarna putih krem sedangkan mahkotanya berwarna merah tua. Bunga ini hanya akan mekar selama 7 hari kemudian mati atau tumbuh bibit baru lagi. Bunga bangkai hanya berbunga sekitar 5 tahun sekali.

Euphorbia Obesa

Euphorbia Obesa
Euphorbia Obesa

Tanaman ini merupakan tanaman endemik dari daerah gurun Karoo Afrika. Karena bentuknya yang mirip bola banyak orang yang mengambilnya sebagai koleksi. Akibatnya kini keberadaannya hampir punah. Sehingga pemerintah Afrika Selatan menetapkan bunga ini sebagai spesies yang dilindungi.

Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk yang tua. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang tua.

Santalum Album

Santalum Album
Santalum Album

Cendana merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan di Indonesia. Kayu cendana biasanya diolah untuk dijadikan rempah-rempah, parfum, dupa, hingga sangkur keris. Konon bau harum kayu cendana bisa bertahan sampai ratusan tahun.

Karena banyaknya manfaat dari tumbuhan ini, tidak heran bila pohon cendana sangat populer di Indonesia. Sayang, tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang tidak mudah untuk dibudidayakan, sehingga saat ini keberadaan pohon ini semakin sedikit dan terancam punah.

Bibit cendana biasanya akan menjadi tumbuhan parasit yang menempel di tumbuhan lain, karena tumbuhan ini tidak bisa hidup sendiri. Setelah tanaman besar baru ia akan tumbuh secara mandiri di tanah. Karena hal itulah tanaman ini susah untuk dibudidayakan sehingga populasinya terus berkurang.

Anaphalis Javanica

Anaphalis Javanica
Anaphalis Javanica

Edelweiss Jawa atau yang biasa disebut dengan Bunga Senduro merupakan tumbuhan langka di Indonesia yang banyak tumbuh di puncak gunung. Bunga dengan nama latin Anaphalis javanica ini sangat kritis keadaannya setelah seringnya terjadi erupsi gunung berapi. Bunga Edelweiss tetap terlihat segar setelah dipetik, hal inilah yang membuat para pendaki membawa bunga ini sebagai oleh-oleh.

Hasilnya membuat populasi bunga ini menurun drastis, bahkan sudah diambang kepunahan. Bunga yang disebut juga dengan bunga abadi ini mekar pada bulan April hingga Agustus. Bunga Edelweiss bisa bertahan hidup hingga 100 tahun dengan pertumbuhan batang mencapai 8 meter. Ada sekitar 300 jenis serangga yang hinggap dan menghisap sari bunganya.

Adansonia sp.

tumbuhan langka Adansonia sp.
Adansonia sp

Baobab atau pohon botol adalah nama dari genus Adansonia yang terdiri dari delapan spesies pohon asli madagaskar, Afrika daratan dan Australia. Ukuran pohon ini bisa mencapai 5-25 meter. Mereka dapat menyimpan air di dalam batang mereka dengan kapasitas 120.000 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka. Karena alasan itulah pohon ini disebut dengan pohon botol.

Pohon ini juga dijuluki “Pohon Kehidupan” di Afrika. Mampu hidup hingga 1000 tahun dan memiliki banyak manfaat seperti untuk obat-obatan, serat, dan cadangan air. Namun sayangnya 9 dari 13 pohon baobab tertua mati dalam 12 tahun terakhir karena perubahan iklim.

Duh sedih ya, Sahabat 🙁 (Kika)

Referensi: Brilio, Caratanam

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!