Tumbuhan Parasit

Gambar 1. Tumbuhan Parasit 
Gambar 1. Tumbuhan Parasit

Pengertian

Tumbuhan Parasit adalah tumbuhan yang membutuhkan inang dalam melengkapi siklus hidupnya. Tumbuhan ini hidup dan tumbuh pada tanaman inangnya di bagian batang atau ranting. Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang menumpang hidup dengan cara menyerap nutrisi dari tanaman inangnya sebagai sumber makanan. Tanaman inang yang ditumpangi oleh tanaman parasit bisa menjadi kurus dan pada akhirnya mati mengering akibat penyerapan nutrisi yang kurang sempurna. Tumbuhan ini memiliki haustorium atau organ yang menembus inang dan membentuk penyatuan pembuluh darah di antara tumbuhan. Tumbuhan ini juga memiliki banyak jenis dan cukup bervariatif sebagai berikut.

Ads

Tumbuhan Parasit Obligat (Parasit Sejati)

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang menggantungkan sumber energi dan makanan pada tumbuhan inang secara penuh. Parasit Obligat hanya hidup dalam sel atau jaringan inang tumbuhan hidup. Tumbuhan ini tidak memiliki organ fotosintesis sendiri sehingga tidak mampu memproduksi energi secara langsung layaknya tumbuhan lain. Pada beberapa jenis, ada beberapa tumbuhan yang sampai melepaskan racun dan memakan jaringan tubuh inangnya. Contohnya adalah Tali Putri, Benalu, Rafflesia Arnoldi, dan Padma.

Tumbuhan Parasit Fakultatif 

Tumbuhan ini adalah tumbuhan yang menggantungkan hanya sebagian sumber energi dan sebagian sumber makanan pada tumbuhan inang hidup. Tumbuhan tersebut masih memiliki organ fotosintesis yang berfungsi secara normal layaknya tumbuhan bukan parasit. Tumbuhan ini sering juga disebut semi parasit. Contohnya adalah Mistletoe.

Tumbuhan Hemiparasit

Tumbuhan Hemiparasit adalah tumbuhan yang menghabiskan setengah tahap dari hidupnya dengan menempel sebagai parasit pada tumbuhan inang. Pada awal pertumbuhan Tumbuhan Hemiparasit, akar tumbuhan masih belum bisa mendukung hidupnya secara mandiri. Namun, ini hanya terjadi beberapa saat sampai tumbuhan hemiparasit siap untuk hidup mandiri. Contohnya adalah Cendana.

Nama-Nama Tumbuhan Parasit

Benalu

Gambar 2. Benalu
Gambar 2. Benalu

Benalu adalah tumbuhan parasit yang mengambil sumber makanan dari tumbuhan lain yang merupakan inangnya. Benalu terdiri atas beberapa suku tumbuhan. Burung merupakan hewan yang cukup berperan dalam penyebaran benalu.  Burung memakan buah dan mengeluarkan kotoran yang mengandung biji dan jatuh di batang pohon. Biji ini tumbuh dan berkecambah menjadi tumbuhan Benalu. Akar Benalu tumbuh dan berkembang di dalam tumbuhan inang. Akar Benalu ini yang mengambil sumber energi dan makanan agar benalu tetap hidup. Benalu memiliki daun hijau yang mengandung klorofil sehingga dapat mengolah makanan dengan cara berfotosintesis. Ada dua kelompok besar benalu, yaitu dari keluarga Loranthaceae dan Viscaceae.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Tumbuhan Benalu tumbuh lebat di atas tumbuhan inang sampai menutupi inangnya. Tumbuhan inang menjadi tidak terkena sinar matahari akan kesulitan mengolah makanan dan tumbuhan itu mati. Benalu dianggap sebagai hama yang mengganggu karena jika pohon buah yang ditumbuhi benalu akan susah menghasilkan buah yang bagus. Tumbuhan yang ditumbuhi Benalu bisa dilihat dari bentuk daunnya yang agak berbeda.

Cendana

Gambar 3. Cendana
Gambar 3. Cendana

Tumbuhan Cendana adalah tumbuhan hemiparasit. Tumbuhan ini hidup dengan menempel pada inang, seperti kamboja, albasia, atau alang-alang. Tumbuhan berkayu wangi ini banyak diminati oleh masyarakat. Cendana tumbuh di dataran tinggi dan dapat tumbuh hingga 15 meter dengan diameter batang 25-30 sentimeter. Tumbuhan Cendana menjadi parasit karena pada masa awal pertumbuhan, akar cendana masih belum bisa mendukung hidupnya secara mandiri. Namun, ini hanya terjadi beberapa saat sampai cendana siap untuk hidup mandiri.

Penanaman Tumbuhan Cendana ini cukup sulit hingga tumbuhan ini disebut juga sebagai tumbuhan langka. Tumbuhan Cendana adalah tumbuhan sejuta manfaat yang bernilai mahal. Banyak penebangan liar Cendana yang membuat tumbuhan ini terkadang hilang tanpa sempat dibudidayakan.

Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldii)

Gambar 4. Padma Raksasa
Gambar 4. Padma Raksasa

Tumbuhan Padma Raksasa atau yang sering disebut juga sebagai tumbuhan Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan parasit obligat (parasit sejati). Tumbuhan ini hidupnya menumpang pada pada inang dan tumbuh pada batang liana, yaitu tumbuhan merambat Tetrastigma spp. Tumbuhan ini tidak bisa melakukan fotosintesis dan mengambil sumber energi dari inangnya.

Tumbuhan Padma Raksasa tidak memiliki daun, akar, dan batang. Tumbuhan ini hanya memiliki bunga yang mekar hanya 5-7 hari. Bunga Padma raksasa memiliki lima kelopak, bertekstur kasar, memiliki bintik putih yang daunnya berwarna oranye. Tumbuhan Padma Raksasa bisa kita temukan di hutan pegunungan Jawa Barat, hutan dataran rendah pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan hutan tropis di Sumatera. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai identitas provinsi Bengkulu, dan puspa langka dalam tiga bunga nasional Indonesia.

Mistletoe (Viscum album)

Gambar 5. Mistletoe
Gambar 5. Mistletoe

Mistletoe adalah tumbuhan yang parasit fakultatif. Tumbuhan ini bisa melakukan fotosintesis sendiri, daun mistletoe juga berwarna hijau sepanjang tahun. Mistletoe hanya mengambil air dan mineral yang diperoleh pohon inang dari dalam tanah.

Tumbuhan inang Mistletoe masih bisa terus hidup namun bisa juga mati jika tanaman mistletoe terlalu lebat dan terlalu banyak.  Tumbuhan ini berkembang biak dengan biji. Penyebaran biji dilakukan oleh burung atau pemakan biji-bijian, Biji keluar bersama kotoran hewan lalu menempel di ranting pohon. Biji akan berkembang menjadi Tumbuhan Mistletoe. Meskipun parasit, Mistletoe sering digunakan untuk hiasan natal.

Tali Putri (Cuscuta)

Gambar 6. Tali Putri
Gambar 6. Tali Putri

Tali Putri adalah tumbuhan parasit obligat yang bergantung sepenuhnya dengan tumbuhan inang sebagai sumber nutrisi. Tumbuhan ini akan menetrasikan jaringan untuk menembus pembuluh tapis tumbuhan inang yang kemudian tersambung dengan pembuluh tapis Tali Putri. Tumbuhan Tali Putri memiliki batang bulat tipis tanpa daun dan menghasilkan buah yang kecil. Tanaman ini memiliki klorofil yang sangat rendah.

 

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani 

 

Referensi Gambar

  • Tumbuhan Parasit

https://pixabay.com/photos/mistletoe-berries-mistletoe-green-16395/ 

  • Benalu

https://fst.unair.ac.id/ini-rahasia-manfaat-benalu-untuk-menyembuhkan-penyakit/ 

  • Cendana

http://www.plantsoftheworldonline.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:780592-1 

  • Padma Raksasa

https://ulyadays.com/mengenal-bunga-rafflesia-arnoldi/ 

  • Mistletoe

https://pixabay.com/photos/mistletoe-parasite-medicinal-plant-229836/ 

  • Tali Putri

https://pixabay.com/photos/entangled-amarbel-dodder-climber-2777693/ 

 

 

Referensi Artikel

Ashari, Avisena. 2018. Tumbuhan Parasit Padma Raksasa, Bunganya Merekah dengan
Indah. Bobo. Tersedia dalam: https://bobo.grid.id/read/08997610/tumbuhan-
parasit-padma-raksasa-bunganya-merekah-dengan-indah?page=all. Diakses pada 4
Januari 2021.

Dapura. Mau Tahu Tumbuhan Apa Saja Jenis Tumbuhan Parasit? Ayo, Kita Pelajari. Muffin
Graphics. Tersedia dalam: https://muffingraphics.com/tumbuhan-parasit/. Diakses
pada 3 Januari 2021.

Madrus, Aan. 2017. Mistletoe, Tanaman Parasit untuk Hiasan Natal. Bobo. Tersedia dalam:
https://bobo.grid.id/read/08679803/mistletoe-tanaman-parasit-untuk-hiasan-natal.
Diakses pada 4 Januari 2021.

Puspita, Putri. 2017. Mengenal Cendana, Tumbuhan Primadona dari Indonesia. Bobo.
Tersedia dalam: https://bobo.grid.id/read/08679041/mengenal-cendana-tumbuhan-
Primadona-dari-indonesia. Diakses pada 3 Januari 2021.

Toemoen, Sylvia. 2017. Benalu, Tumbuhan Parasit. Bobo. Tersedia dalam: https://bobo.
grid.id/read/08679392/benalu-tumbuhan-parasit. Diakses pada 4 Januari 2021.

Welianto, Ari. 2020. Tumbuhan Parasit: Arti, Dampak, dan Jenisnya.  Kompas. Tersedia
dalam: https://www.kompas.com/skola/read/2020/02/03/200000469/tumbuhan-
parasit–arti-dampak-dan-jenisnya?page=all#:~:text=KOMPAS.com%20%2D%20
Tumbuhan%20parasit%20merupakan,inang%20(tanaman%20yang%20
ditumpanginya). Diakses pada 3 Januari 2021.

Westwood, James. 2020. Parasitic Plant. Britannica. Tersedia dalam: https://www.britannica
.com/plant/parasitic-plant. Diakses pada 3 Januari 2021.

 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!