Waspada Anxiety di Tengah Pandemi Corona

#lindungidiri dari Covid19

#LindungiDiri dari COVID-19
#LindungiDiri dari COVID-19

Pandemi corona masih belum berakhir dan kemungkinan masih bertahan hingga beberapa bulan ke depan. Guna meminimalisir penyebarannya agar tidak semakin meluas, pemerintah dan berbagai pihak terus menerus mengkampanyekan physical distancing dengan cara stay at home. Walaupun kampanye tersebut gencar dilakukan, namun ada beberapa orang seperti para pekerja harian yang masih harus keluar rumah demi menyambung hidup dengan tetap bekerja di luar. Stay at home selama pandemi ini merupakan sebuah privilege bagi sebagian orang. Bersyukurlah kita yang mendapat privilege tersebut. Beberapa orang mengalami kecemasan berlebih atau yang biasa disebut dengan anxiety.

Bagi yang terbiasa dan nyaman melakukan kegiatan dari rumah, mereka akan merasa senang dan sangat menikmati masa-masa yang mengharuskan stay at home. Ada juga sebagian orang yang merasa kurang nyaman ketika harus stay at home. Namun bagi kedua tipe orang ini jika diharuskan stay at home dalam waktu yang cukup lama pastinya sama-sama akan  merasa bosan, stress, hingga bisa timbul gangguan kecemasan atau anxiety. Rasa cemas merupakan sesuatu yang wajar, sebagai salah satu bentuk emosi diri. Namun perlu digaris bawahi, rasa cemas yang tidak terkontrol dan menyebabkan ketakutan tanpa sebab bukanlah sesuatu yang wajar. Perasaan ini biasa disebut anxiety disorder.

Baca Selengkapnya : Social Distancing Sekaligus Berkontribusi untuk Lingkungan?

Corona bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya anxiety disorder. Dalam kasus individu yang mengalami gangguan anxiety, mereka akan merasa begitu ketakutan jika dirinya terkena virus corona. Bahkan sampai merasa bahwa sedang mengalami gejala virus ini. Contohnya ada orang yang mengalami demam, batuk, pilek, hingga sesak nafas, gejala yang dialaminya mirip dengan gejala virus corona. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter ternyata ia hanya mengalami flu biasa, sesak nafas yang dialaminya ternyata gangguan psikosomatik (kondisi ketika pikiran mempengaruhi tubuh sehingga memicu munculnya keluhan fisik). Ia hanya merasakan kecemasan dan ketakutan yang tidak terkontrol. Penyebabnya bisa saja karena terus-menerus disuguhi berbagai berita tentang corona setiap harinya.

Kegiatan yang Dapat Mencegah Kecemasan Berlebih Selama Pandemi Corona

Tanggulangi Kecemasan Berlebih Selama Corona
Tanggulangi Kecemasan Berlebih Selama Pandemi Corona (Sumber : Business Insider)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari diri agar tidak mengalami kecemasan, diantaranya:

  • Membatasi konsumsi berita terkait corona

Update berita terkait corona memang perlu, agar kita mengetahui perkembangan terkini virus ini. Namun, ketika terlalu banyak mengkonsumsi berita tentang corona justru dapat menimbulkan kecemasan yang berlebih. Kamu perlu membatasi konsumsi berita terkait corona demi mencegah kecemasan kamu semakin besar. Selain itu pilihlah situs yang terpercaya untuk update berita terkait corona. Banyak sekali hoax yang beredar terkait corona yang justru bisa memperparah kecemasanmu. Oleh karena itu, memfilter berita yang akan kamu konsumsi sangatlah penting.

  • Luapkan emosimu

Kamu bisa meluapkan emosimu ketika rasa cemas mulai menyerang. Caranya yaitu dengan menuliskan kecemasan-kecemasan tersebut. Selain menulis kamu bisa juga meluapkan kecemasan-kecemasan tersebut dengan menggambar. Tujuannya agar kamu dapat melihat kecemasan tersebut seutuhnya. Lakukan berulang-ulang hingga otak merasa bosan. Dengan cara tersebut kadar kecemasan pun dapat menurun. Apabila dengan menulis dan menggambar kamu masih merasakan kecemasan yang berlebih, alangkah baiknya kamu mencoba menceritakan kecemasan tersebut dengan berkonsultasi pada ahlinya. Kamu tak perlu repot berkonsultasi secara langsung, karena saat ini banyak platform yang memungkinkan kamu untuk berkonsultasi dengan ahli secara online. Berkonsultasi dengan ahlinya mampu menurunkan kadar kecemasanmu.

  • Olahraga

Olahraga selain bermanfaat bagi fisik juga bermanfaat bagi kesehatan mental.  Pilihan olahraga seperti yoga cocok untuk kamu yang sedang mengalami kecemasan. Yoga termasuk jenis olahraga yang juga sebagai sarana untuk meditasi. Yoga membuat kamu menjadi lebih rileks. Ketika badan rileks, pikiran menjadi lebih tenang. Emosi dan berbagai pikiran negatif juga berkurang. 

  •  Tetap menjalin komunikasi dengan teman atau saudara

Beruntung kita berada di zaman yang serba terkoneksi sehingga memungkinkan tetap dapat berkomunikasi satu sama lain di saat semua harus stay at home seperti ini. Kecemasan lebih mudah muncul saat situasi seperti sekarang ini. Oleh karena itu tetap menjalin komunikasi dengan orang lain sangatlah penting walaupun sedang dalam masa karantina. Ada baiknya kamu tetap keep in touch dengan teman atau saudara. 

  • Lakukan kegiatan-kegiatan positif yang menyenangkan 

Melakukan kegiatan yang menyenangkan membuat pikiran dan tubuh tetap aktif. Dengan demikian, pikiran tidak akan terfokus hanya pada pemberitaan mengenai corona yang dapat menimbulkan kecemasan. Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan selama stay at home ini, seperti memasak, membaca buku, menonton berbagai macam film, berkebun, hingga merawat diri.

Lawan Anxiety Selama Stay at Home dengan Kegiatan Menyenangkan Ini!

  • Memasak

Jika biasanya kamu lebih memilih membeli makanan karena tidak punya cukup waktu untuk memasak, sekarang saat yang tepat untuk mencoba memasak sendiri. Kamu bisa mencoba berbagai resep masakan. Memasak bisa menjadi  alternatif kegiatan menyenangkan untuk mengatasi rasa bosan juga bisa menghilangkan stress. Selain itu dengan memasak sendiri kamu bisa mengontrol asupan gizi makanan yang akan dikonsumsi dan pastinya terjamin kebersihannya. Apalagi dalam situasi pandemi corona seperti sekarang. Makanan yang kamu beli di luar, belum tentu terjamin kebersihannya. Makanan yang tidak higienis merupakan salah satu sumber penyakit.

  • Membaca Buku

Kamu punya tumpukan buku yang belum terbaca? Kamu bisa membaca buku-buku tersebut sekarang. Atau kamu sedang kehabisan bahan bacaan? Tenang saja, saat ini sedang banyak promo dan diskon yang diberikan penerbit maupun toko buku online. Kamu bisa memuaskan hasrat membacamu dan tentunya tidak membuat kantong kering. Membaca mempunyai segudang manfaat seperti menambah wawasan, meningkatkan daya ingat, juga bisa mengurangi stress. Membaca menjadi salah satu aktivitas yang cocok sekali dilakukan saat harus stay at home. Dengan demikian, waktumu menjadi lebih bermanfaat.

  • Menonton Film 

Saat hari biasa, kita mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk menonton film. Menonton film juga bisa menjadi kegiatan menyenangkan selama stay at home. Apalagi di zaman serba modern seperti saat ini. Kamu tidak perlu pergi ke bioskop untuk menonton film, cukup dengan mencari situs web yang menyediakan layanan streaming film gratis ataupun berlangganan platform penyedia film.

  • Berkebun

Berkebun bisa menjadi alternatif kegiatan menyenangkan saat harus stay at home. Kamu bisa menanam tanaman hias, sayuran, juga buah-buahan. Selain itu kamu juga bisa menata ulang taman di rumah sehingga tercipta suasana baru. Berkebun selain bisa memperindah tampilan taman dan rumah, juga bisa memperlancar sirkulasi udara di rumah sehingga menjadi lebih sejuk. LindungiHutan bekerja sama dengan ayo nandur dan Teman Berkebun saat ini mempunyai sebuah kampanye #TanamDiRumah. Kamu dapat memilih paket Mini Grow Kit senilai 50k, tersedia berbagai benih sayuran dan dilengkapi dengan pot, polybag, media tanam, serta petunjuk penanaman. Selain itu kamu juga bisa memilih paket Microgreen Box senilai 50k untuk produksi sayuran dari rumah. Pembelian tersebut sudah termasuk donasi senilai 25k, dimana donasi tersebut akan disalurkan melalui Yayasan Graisena untuk pencegahan penyebaran virus corona.

  • Merawat Diri

Kegiatan merawat diri selain bisa membuat penampilan tetap terjaga, juga bisa membuat pikiran lebih rileks. Kamu tidak perlu ke salon untuk melakukan perawatan diri, di rumah pun kamu masih bisa melakukan perawatan diri. Kamu bisa memulai dengan perawatan rambut misalnya creambath, memakai masker rambut, atau malah mencoba mewarnai rambut agar tampilan lebih fresh. Kemudian bisa lanjut melakukan perawatan tubuh seperti luluran untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, melembutkan sekaligus membuat badan lebih wangi. Lalu ada perawatan wajah seperti menggunakan masker wajah agar kulit wajah lebih sehat dan cerah. Selain itu kamu juga bisa melakukan perawatan kuku yang biasa dikenal dengan manicure dan pedicure. 

Itulah beberapa tips agar terhindar dari kecemasan. Semoga bermanfaat. Selalu jaga kesehatan fisik dan  mental, stay at home, stay safe everyone 🙂 (Nisyya Izzatin Naila)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kami juga berpartisipasi dalam membantu pencegahan COVID-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi dunia. Dengan kampanye #lindungidiri pada link berikut https://covid19.lindungihutan.com/, bantuan donasi dan keuntungan produk akan disalurkan melalui Yayasan Gerakan Indonesia Sadar Bencana.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!