We Plant Tree with KASI

Pasti sudah tahu kalau banyak dari kita yang saling berbagi kasih satu dengan yang lainnya. Tapi, apakah pernah terlintas di pikiranmu untuk berbagi kasih dengan alam? Tidak? Kenapa? Padahal, alam sudah memberikan banyak hal bagi kehidupan, mulai dari sumber makanan, udara segar, papan, sandang, hingga berbagai ekowisata. Tapi, kita hampir tidak pernah memberikan sesuatu pada alam. Yang ada malah sebaliknya. Kita sering merusak alam melalui berbagai tindakan kita, seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon, menggunakan kendaraan bermotor berlebihan, dan lain-lain. Akibatnya, tindakan kita telah merusak alam dan menyebabkan berbagai masalah yang dapat membahayakan nyawa kita. Melihat ini, KASI memutuskan untuk melakukan sebuah kampanye alam sebagai pemberian kasih kita pada alam dan dorongan bagi kita semua untuk semakin peduli akan lingkungan.

Ads
Gambar 1 Laman KASI © KASI
Gambar 1 Laman KASI © KASI

Berbagi Kasih dengan KASI

KASI merupakan sebuah platform penggalangan dana online untuk menjawab berbagai masalah sosial yang terjadi di Indonesia. Mereka berusaha membentuk kegiatan amal dan sosial yang mudah, transparan, dan menarik. Mereka melakukan ini untuk dapat menarik lebih banyak perhatian dari masyarakat terhadap berbagai masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Sadar atau tidak, terdapat banyak masalah sosial di Indonesia yang sering kali tidak diperhatikan. Akibatnya, masalah ini tidak pernah teratasi dan semakin merajalela. Tentunya, hal ini berujung pada ketidaksejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pendiri KASI berharap melalui platform ini mereka dapat mengatasi berbagai masalah sosial yang terjadi di Indonesia dan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk semakin peduli akan sesama.

Gambar 2 Akun Instagram KASI © Instagram
Gambar 2 Akun Instagram KASI © Instagram

KASI terbentuk dari ide kedua pendirinya untuk menjadi jawaban dari berbagai masalah sosial bersamaan dengan merayakan berbagai selebrasi. Mereka melihat bahwa sebenarnya sebagian besar dari kita hidup berkecukupan dan tidak membutuhkan banyak hal lagi. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya berbagai selebrasi tertentu yang memberikan kita lebih banyak kebahagiaan dan hadiah, seperti ulang tahun, acara wisuda, pernikahan, hari jadi pacaran, dan lain-lain. Menyadari hal ini, sebuah ide terlintas di pikiran mereka untuk memberikan sesuatu bagi orang lain di momen-momen itu melalui kegiatan amal. Sejak saat itu, KASI berdiri dan semakin meluas ke jaringan media sosial, seperti Instagram @wearekasi dan membentuk sebuah laman khusus.

We Plant Tree with KASI

KASI tidak hanya peduli akan masalah sosial, tapi juga akan berbagai masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Mereka melihat bahwa Indonesia mengalami berbagai kerusakan alam yang mengancam keberlangsungan alam, terutama di area pesisir. Sebagian besar hutan pesisir Indonesia rusak atau hilang akibat ulah manusia. Padahal, hutan pesisir tersebut memiliki peran yang sangat besar dalam melindungi daratan dari abrasi, menambah garis pantai, meningkatkan kualitas air dan udara, serta meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat. Sayangnya, dengan hilangnya berbagai hutan pesisir, banyak lahan pesisir yang rusak dan tenggelam ditelan ombak. Tentunya, semua ini akan memberikan dampak buruk bagi Indonesia yang notabene merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, KASI memutuskan untuk membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di Pesisir Ogotua, Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Gambar 3 Kampanye Alam We Plant Tree with KASI © LindungiHutan
Gambar 3 Kampanye Alam We Plant Tree with KASI © LindungiHutan

Pesisir Ogotua dipilih karena memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat di sekitar pesisir. Pesisir Ogotua yang merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia memiliki peran strategis dalam membentuk sistem pertahanan dan keamanan Nasional untuk menegakkan kedaulatan NKRI. Akan tetapi, kondisi Pesisir Ogotua saat ini mulai mengkhawatirkan karena adanya abrasi yang perlahan-lahan menggerus tanah di sekitarnya. Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat sekitar karena tempat tinggal mereka dapat hilang kapan saja dengan meningkatnya intensitas abrasi. Oleh karena itu, kegiatan kampanye yang berupa penanaman bibit mangrove dapat mengatasi dan mencegah abrasi. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Untuk menyukseskan upaya ini, KASI bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam yang diberi nama “We Plant Tree with KASI.” Mereka membuka sebuah penggalangan dana online dengan donasi sebesar Rp15.000,00 di laman khusus LindungiHutan dan laman KASI. Selain itu, mereka menyebarkan berbagai informasi mengenai kegiatan kampanye ini di jaringan media sosial mereka untuk menarik perhatian dan meningkatkan kontribusi masyarakat. Mereka berharap usaha ini dapat memulihkan dan menjaga kelestarian Pesisir Ogotua. 

Kasihilah Alam

Apa kamu sadar kalau kamu jarang memberikan sesuatu bagi alam? Sadar atau tidak, kita lebih sering mengambil berbagai sumber daya alam dan tidak pernah memberikan sesuatu kembali. Yang terjadi malah sebaliknya. Kita merusak alam melalui berbagai aktivitas yang kita lakukan, seperti menggunakan produk dengan bahan kimia berbahaya, menggunakan plastik, membuang limbah berbahaya ke perairan, menebang pohon, menggunakan kendaraan bermotor, dan lain-lain. Akibatnya, aktivitas kita telah memunculkan berbagai masalah lingkungan yang mengancam keberlangsungan hidup manusia, seperti krisis air bersih, pemanasan global, kekeringan, banjir, tanah longsor, tanah tenggelam, abrasi, dan lain-lain. Melihat semua ini, kita harus mengambil langkah perubahan sebelum terlambat.

Gambar 4 Kerusakan Alam di Pesisir © Alamendah’s Blog
Gambar 4 Kerusakan Alam di Pesisir © Alamendah’s Blog

Salah satu langkah perubahan yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan upaya penghijauan. Pohon, terutama mangrove, memiliki kemampuan untuk melindungi area pesisir dari abrasi, menambah garis pantai, menjernihkan air, memulihkan ekosistem biota laut, serta meningkatkan kualitas air dan udara. Selain itu, hutan mangrove juga dapat meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat sekitar dengan terbentuknya hasil hutan kayu dan nonkayu yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan kata lain, kita bisa memberikan kebaikan pada alam melalui upaya penghijauan.

Kampanye alam yang dilakukan KASI ini merupakan salah satu bentuk pemberian kasih kepada alam dan peningkatan kesadaran masyarakat. Kegiatan ini berusaha menanggulangi dan mencegah berbagai kerusakan alam yang dapat mengancam keberlangsungan masyarakat Ogotua, Sulawesi Tengah. Selain itu, kegiatan kampanye ini berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin peduli akan kelestarian alam. Kita juga bisa turut bergabung dalam usaha ini hanya dengan menyisihkan uang yang kita miliki untuk pembelian benih pada laman yang tersedia. Kapan lagi kita bisa memberikan sesuatu untuk alam? Ayo berbagi kasih dengan alam!

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

KASI. (n.d.-a). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/wearekasi/

KASI. (n.d.-b). [Screenshot]. KASI. https://wearekasi.com/

LindungiHutan. (2021, January 5). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/treeKASI

[Photograph]. (n.d.). Almendah’s Blog. https://alamendah.org/2009/11/09/abrasi-rusak-40-prosen-pantai-indonesia/comment-page-9/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!