Yuk Kenalan dengan Paus Sperma!

Karakteristik

Halo Sahabat Alam, Kembali lagi nih kita di artikel tentang fauna. Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu hewan terbesar di Bumi. Hewan tersebut adalah paus sperma. Paus sperma dengan nama ilmiah Physeter macrochepalus merupakan ikan paus yang hidup di kedalaman 1000 m lebih merupakan habitat asli dari paus ini. Paus jenis ini tersebar hampir di seluruh dunia, dari mulai laut tropis, subtropis, hingga ke laut subkutub. Di Indonesia sendiri, kita dapat menjumpai paus sperma di daerah Laut Sulu, Flores, Sulawesi, hingga ke sekitaran Pulau Komodo.

Ads
Gambar 1 Paus Sperma (Physeter macrochepalus)
Gambar 1 Paus Sperma (Physeter macrochepalus)

Dengan kepala besar dan lonjong serta dahi yang bundar menjadi ciri khas dari paus sperma. Terdapat blowhole di sebelah kiri kepala, yang berfungi untuk pernafasan si paus ini. Mulut si paus ini berwarna putih, dia juga memunyai kemampuan sonar di dalam air. Kepala mereka menyimpan cairan putih yang disebut dengan spermaceti, yang menjadi dasar dari nama mereka. Spermaceti ini membantu paus sperma dalam mengapung dan menyelam di kedalaman laut yang dalam. Berkat cairan ini juga, seekor paus ini dapat menahan nafasya hingga 90 menit loh, Sobat Alam. Mereka akan muncul ke permukaan untuk bernafas, biasanya mereka muncul selama 8 menit.

Manfaat Paus Sperma

Sobat Alam, tahukah kalian bahwa keberadaan paus itu sangat penting bagi kehidupan ekosistem laut? Seperti spesies paus lainnya, paus sperma memegang peranan penting untuk ekosistem laut. Mereka berguna untuk menjaga dan mempertahankan rantai makanan agar tetap stabil, dan juga menjaga agar spesies tertentu tidak meningkat populasinya secara berlebihan. Selain itu, ketika paus sedang ke permukaan untuk bernafas, mereka akan menyebarkan nutrisi serta mikroorganisme yang akan membantu keberadaan hewan laut lainnya.

Gambar 2 Paus Sperma (Physeter macrochepalus)
Gambar 2 Paus Sperma (Physeter macrochepalus)

Ketika mereka bermigrasi, mereka akan membawa banyak nutrisi. Ketika mereka berkembang biak, plasenta yang mereka hasilkan akan menjadi sumber yang kaya akan bahan baku untuk organisme lain. Bahkan, kotoran mereka yang kaya akan zat besi akan membatu proses pertumbuhan dari fitoplankton, yang akan menyedot karbon dioksida yang ada di laut. Hal ini menjadikan peran mereka penting dalam proses menghilangnya kurang lebih 400.000 ton karbon di laut setiap tahunnya.

Oleh karena itu, keberadaan paus sangatlah penting bagi ekosistem laut. Kita harus selalu menjaga keberadaan mereka ya, Sobat Alam!

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ancaman Kepunahan

Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature), paus sperma masuk kedalam kategori vulnerable. Hal ini dikarenakan adanya perburuan liar paus pada tahun 1970-an, yang mana ambergrisnya sangat dibutuhkan dalam industri pembuatan parfum. Ambergris ini merupakan muntahan paus, atau zat yang ada alam tubuh paus yang bernilai sangat mahal, jadi tidak heran perburuan paus saat itu sangat banyak. Sedangkan minyak paus sendiri, dibutuhkan untuk kebutuhan penerangan yang tidak menghasilkan asap maupun bau. Untungnya semenjak ada larangan perburuan paus, jumlah mereka sedikit demi sedikit pulih. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena mereka sekarang menjadi korban dari sampah plastik yang ada di laut, sehingga banyak paus sperma dan paus-paus lainnya yang mati dikarenakan menelan plastik dalam jumlah banyak.

Tugas kita sebagai pencinta alam dan juga hewan adalah untuk selalu menjaga keberadaan paus, dan juga menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik dan jangan pernah membuang sampah ke laut ya, Sobat Alam! 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Penulis: Raihan Nazerra

 

Refrensi Literatur:

Megumi, Sarah. R, dkk. 2021. Paus Sperm, Si Kepala Kotak Bergigi Besar yang Semakin Rentan. Diakses pada 5 April, 2021. Di https://www.greeners.co/flora-fauna/paus-sperma/

Tim Penulis National Georgrpahic Indonesia. 2014. Pentingnya Keberadaan Paus di Lautan. Diakses pada 5 April, 2021. Di https://nationalgeographic.grid.id/read/13292259/pentingnya-keberadaan-paus-di-lautan?page=all

Yeo, Sophie. 2021. Paus dapat ‘berperan besar dalam melawan perubahan iklim’, apa sebabnya?. Diakses pada 5 April, 2021. Di https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-55813986#:~:text=Paus%2C%20terutama%20paus%20balin%20dan,juga%20membantu%20menentukan%20suhu%20planet.

Refrensi Gambar:

Gambar 1: https://www.greeners.co/flora-fauna/paus-sperma/

Gambar 2: https://nationalgeographic.grid.id/read/13292259/pentingnya-keberadaan-paus-di-lautan?page=all

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdplanting, penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga lingkungan dan alam.

Yuk!, bergabung dan jadi pioneer penghijauan!

Enable Notifications    Ok No thanks