Yuk Kenalan dengan Pohon Beringin!

Pohon Beringin atau Waringin merupakan salah satu spesies dari family Moraceae dan merupakan keluarga dari pohon nangka. Beringin memiliki beberapa manfaat bagi lingkungan yang ada di sekitarnya. Manfaat yang paling utama dari pohon beringin adalah kemampuannya sebagai  wadah penyimpanan air. Keunikan dari pohon beringin mulai dari akar gantung dan buahnya, juga cerita mitos yang melingkupinya.

Ads

Morfologi dan Karakteristik Pohon Beringin

Karateristik dari pohon beringin memiliki akar yang berbentuk seperti jaring-jaring dan berguna sebagai jaring pengaman nutrisi (safety nutrition network). Batang dari pohon beringin juga memiliki bentuk  yang sama seperti pohon lainnya dan memiliki tekstur yang kasar, yang artinya pohon tersebut memiliki batang dengan tipe yang bercabang banyak atau tidak seperti memiliki satu batang yang utama. Pada pohon ini juga memiliki bentuk daun yang ovalis, ujungnya runcing dengan pangkal tumpul. Bunga dari pohon akar gantung ini merupakan bunga tunggal yang tumbuh di ketiak daun. Bentuk tangkainya yang seperti pohon lainnya dengan bunga pohonnya seperti corong berwarna hijau. Bentuk kepala atau mahkota dari pohon beringin ini juga berwarna kuning kehijauan dan benang sari juga putiknya berwarna kuning. Buah beringin merupakan buah yang dapat digunakan sebagai makanan satwa, memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau saat masih muda. Mahkota atau kepala dari pohon beringin juga memiliki bentuk bulat dan lebar, sehingga pohon beringin ini sering dijadikan sebagai tempat berteduh karena memiliki cabang dan daun yang rindang. Pohon ini memiliki tinggi antara 15 sampai 25 meter. Masih banyak Pohon Beringin yang memiliki tinggi pohon lebih tinggi dari itu di alam bebas. Berdasarkan ukurannya, pohon berakar gantung ini termasuk pohon berukuran besar, apalagi pohon yang sudah berumur tua.

Habitat dan Persebaran

Pohon Beringin banyak ditemukan di daerah hutan tropis. Tapi, pohon beringin juga bisa ditemukan di hutan yang berada di dataran rendah sampai hutan yang berada di dataran tinggi. Habitat dari pohon beringin juga pada umumnya dekat dengan sumber air seperti mata air, telaga, danau, dan sebagainya. Pohon ini banyak ditemukan di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi karena pohon beringin merupakan pohon yang adaptif terhadap lingkungan sekitarnya. Walaupun pohon ini tumbuh di daerah tandus tetapi dapat tumbuh dengan baik karena akar dari pohonnya sendiri dapat menembus celah-celah yang ada di batuan tersebut. Pohon berakar gantung ini hidup pada tempat yang memiliki curah hujan yang tinggi. Akar dari pohon ini dapat menyimpan air dengan baik, sehingga walaupun terjadi kekeringan tidak akan berdampak terhadap kelangsungan Pohon Beringin itu sendiri.

Keunikan Pohon Beringin

Pohon beringin juga mempunyai keunikan tersendiri yakni adanya akar gantung yang tumbuh dari percabangannya. Fungsi akar gantung adalah untuk respirasi. Akar gantungnya berwarna cokelat, tumbuh kebawah dan akan masuk ke dalam tanah untuk menyerap nutrisi dan air dari dalam tanah.  Jenis tanah yang menjadi tempat tumbuhnya. Pohon ini mampu beradaptasi pada tanah liat, berpasir, asam, basah, serta basah maupun kering sehingga tahan terhadap kondisi kekeringan. Sistem perakaran beringin yang masuk sangat dalam ke tanah dapat menyimpan air tanah secara baik. Manfaat lingkungan yang dapat diambil yaitu sebagai penahan longsoran dan erosi.

Ragam Manfaat dan Kegunaan Beringin

Pada manfaatnya, Pohon Beringin mempunyai bentuk perakaran yang dalam dan banyak, Oleh karena itu pohon ini memiliki dampak positif yakni menambah titik mata air seiring dengan bertambahnya umur pohon. Hal ini dikarenakan bentuk perakaran, percabangan, dan kanopi dari pohon beringin dapat mengurangi percikan air hujan, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada lapisan permukaan tanah menjadi rendah dan infiltrasi air ke tanah menjadi lancar. Perakaran beringin menjadi dan dianggap mampu menembus lapisan air tanah dangkal dan juga dapat membuka aliran permukaan baru sehingga dapat menjadi mata air. Oleh karena itu, pohon ini memiliki peran yang sangat penting pada jasa lingkungan yang sangat bermanfaat untuk kelestarian mata air, penahan erosi dan tanah longsor. Bentuk percabangan, perakaran dan pertumbuhan kanopi beringin juga dapat menahan benturan air hujan terhadap permukaan tanah, sehingga pada proses infiltrasi ke tanah menjadi lancar karena kerusakan lapisan tanah dapat dicegah. Penopang dari pohon ini adalah batang pohon yang sangat besar dan kuat, ukuran diameter dari pohon ini yang bertambah seiring berjalannya waktu. Pertambahan diameter pada Pohon Beringin sendiri dikarenakan akar gantung yang sudah masuk ke dalam tanah akan berbentuk menyerupai batang pohon tersebut.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Mitos yang Melingkupi Pohon Beringin

Sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta ?

Apabila sudah pasti kalian kenal Pohon Beringin kembar yang terletak di dekat Keraton Yogyakarta sebelah selatan. Di alun alun tersebut terdapat dua Pohon Beringin yang bersebelahan. Kepercayaan masyarakat disana bilang apabila kita bisa melewati jalan di antara kedua Pohon Beringin kembar tersebut dalam keadaan mata yang tertutup maka dipercaya dapat menolak bala. Kepercayaan ini disebut Tradisi Masangin.

Mitos yang beredar di masyarakat Indonesia adalah apabila suatu tempat terdapat Pohon Beringin maka tempat tersebut pasti akan dibilang sebagai tempat yang angker oleh masyarakat setempat. Ditambah apabila pohon tersebut sudah berumur sangat tua. Kepercayaan yang menganggap bahwa Pohon Beringin adalah tempat yang angker dan mistis masih beredar di masyakarat sampai saat ini. Dan juga ditemukan mitos bahwa Pohon Beringin dilarang ditebang dan dipercaya jika ditebang pohon beringin ini akan menimbulkan kesialan.

Penulis : Nugroho Ganda Novianto

Referensi : 

Rimba Kita. 2020. Pohon Beringin – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Manfaat & Mitos. https://rimbakita.com/pohon-beringin/ diakses pada 15 Agustus 2020.

Nabila Shaffana Zhafira Suwiji. 2019. Pohon Beringin: Karakteristik, Sebaran, Manfaat, dan Mitos. https://foresteract.com/pohon-beringin/ diakses pada 15 Agustus 2020.

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!