Yuk Kenali Jenis Tumbuhan Berumah Satu dan Dua!

Tumbuhan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang mudah kita temukan di kehidupan sehari-hari. Tumbuhan dan makhluk hidup lainnya sangat berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Tumbuhan bisa menjadi sumber makanan, tempat tinggal, hingga sumber keindahan. Layaknya makhluk hidup lainnya tumbuhan memiliki ciri-ciri umum seperti dapat tumbuh, berkembang, dan bernafas. Namun, tumbuhan juga memiliki karakteristik unik dibanding makhluk hidup lain, misalnya kebanyakan tumbuhan tidak dapat berpindah-pindah tempat layaknya hewan. Seperti makhluk hidup, tumbuhan diciptakan berbeda-beda antara satu dan lainnya. Salah satu hal yang bisa membedakan jenis-jenis tumbuhan adalah adanya “rumah” yang dimilikinya. Eh tapi jangan dibayangkan tumbuhan berumah seperti tempat tinggal manusia ya! Rumah pada tumbuhan berarti adalah alat reproduksi yang dimilikinya. Wah gimana ya penjelasannya? Yuk simak artikel di bawah untuk mendapatkan jawabannya!

Ads
Gambar 1. Tumbuhan Memiliki Karakteristik Berbeda Antara Satu dan Lainnya
Gambar 1. Tumbuhan Memiliki Karakteristik Berbeda Antara Satu dan Lainnya

Pengertian Tumbuhan Berumah Satu dan Dua

Tumbuhan berbiji tertutup memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan generatif. Bunga adalah bagian dari tumbuhan yang di dalamnya terdapat alat reproduksi. Terdapat dua jenis alat reproduksi pada tumbuhan, yaitu benang sari dan putik. Benang sari adalah penghasil gamet jantan atau sperma pada tumbuhan. Benang sari sendiri terdiri dari serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan untuk membuahi sel kelamin betina. Sedangkan putik adalah adalah penghasil gamet betina atau ovum, yang nantinya dibuahi oleh sel kelamin jantan.

Tumbuhan kemudian dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jenis alat reproduksi yang dimiliki. Tumbuhan yang berumah satu atau bisa disebut monoecious memiliki dua jenis alat reproduksi dalam satu tumbuhan namun di tempat yang berbeda. Jadi di dalam satu tumbuhan terdapat bunga yang memiliki benang sari dan bunga yang memiliki putik sekaligus. Di sisi lain, jika satu tumbuhan hanya memiliki satu jenis alat reproduksi, yaitu putik atau serbuk sari saja, maka bisa dikatakan tumbuhan tersebut berumah dua (dioecious). Pada tumbuhan jenis ini, jika hanya memiliki perbungaan jantan saja maka ia tidak bisa dibuahi sehingga tidak akan menghasilkan buah.

Gambar 2. Alat Reproduksi pada Bunga
Gambar 2. Alat Reproduksi pada Bunga

Proses Reproduksi

Penyerbukan adalah proses kawin dari tumbuhan yang berbunga. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bunga jantan pada tumbuhan memiliki benang sari yang di dalamnya terdapat serbuk sari dengan sel kelamin jantan. Ketika sudah dewasa, serbuk sari dapat menempel di putik dan terjadilah pembuahan. Proses menempelnya sel kelamin jantan dan betina dari tumbuhan disebut juga sebagai penyerbukan. Pada tumbuhan berumah satu bisa terjadi penyerbukan sendiri, yaitu ketika serbuk sari jatuh ke putik tumbuhan yang sama. Selain itu, penyerbukan juga bisa dibantu oleh hewan seperti kumbang atau kupu-kupu yang membawa serbuk sari ke putik dari tumbuhan itu sendiri atau ke bunga tumbuhan lain. Sedangkan untuk tumbuhan berumah dua memerlukan bantuan eksternal seperti dari angin, hewan, atau manusia untuk penyerbukannya. Hal ini disebabkan serbuk sari dari tumbuhan dengan bunga jantan perlu dibawa untuk menuju ke tumbuhan yang memiliki putik atau bunga betina.

Walaupun tumbuhan berumah satu terlihat lebih diuntungkan karena memiliki dua alat reproduksi, namun terdapat beberapa kondisi di mana serbuk sari tidak dapat membuahi putik pada tumbuhan yang sama. Misalnya dichogami, yang terjadi ketika benang sari dan putik tidak matang dalam waktu yang bersamaan sehingga penyerbukan tidak dapat terjadi. Selain itu ada pula heteromorfik, yang terjadi karena tangkai putik dan tangkai benang sari memiliki ukuran yang berbeda. Terakhir, adalah herkogami yang terjadi ketika letak kepala putik dan benang sari tidak memungkinkan terjadinya penyerbukan. Misalnya, letak yang berjauhan atau putik yang lebih tinggi daripada benang sari.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Gambar 3. Kupu-kupu Berperan untuk Membantu Penyerbukan Tumbuhan
Gambar 3. Kupu-kupu Berperan untuk Membantu Penyerbukan Tumbuhan

Contoh Tumbuhan Berumah Satu dan Dua

Setelah mengetahui pengertian dan proses penyerbukan dari tumbuhan berumah satu dan tumbuhan berumah dua, sekarang kita bahas yuk jenis tumbuhan apa yang termasuk di masing-masing kategori!

Tumbuhan berumah satu: 

  • Kelapa sawit

Kelapa sawit adalah tumbuhan yang memiliki alat reproduksi jantan dan betina dalam satu tumbuhannya. Walaupun kelapa sawit tergolong bunga berumah satu, jarang sekali kedua alat reproduksinya matang secara bersamaan. Oleh karena itu bunga betina lebih sering diserbuki oleh sel kelamin jantan dari pohon lain sehingga proses reproduksinya lebih menyerupai tumbuhan berumah dua. Fenomena ini sering disebut sebagai dichogami.

  • Buah naga

Tumbuhan buah naga juga tergolong berumah satu namun dalam penyerbukannya sulit untuk diperoleh dari satu tumbuhan yang sama. Hal ini diakibatkan kepala putik dari buah naga yang lebih tinggi dari benang sari, sehingga sulit bagi serbuk sari untuk menempel di putik. Fenomena ini disebut sebagai herkogami.

  • Bunga sepatu

Memiliki dua alat reproduksi dalam satu tumbuhan menyebabkan bunga ini disebut sebagai bunga banci atau hermafrodit.

  • Tembakau

Tembakau memiliki bunga yang alat reproduksi jantan dan betinanya terdapat dalam satu tumbuhan. Tinggi benang sari dan putik yang hampir sama menyebabkan penyerbukan sendiri dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  • Jagung

Jagung termasuk tumbuhan berumah satu karena terdapat putik dan benang sari dalam satu tumbuhannya. Namun berdasarkan penelitian, hanya 5% penyerbukan yang dilakukan dari tumbuhan yang sama.

Gambar 4. Jagung Adalah Salah Satu Contoh Tumbuhan Berumah Satu
Gambar 4. Jagung Adalah Salah Satu Contoh Tumbuhan Berumah Satu

Tumbuhan berumah dua:

  • Salak

Salak adalah contoh dari tumbuhan yang hanya memiliki satu alat reproduksi dalam satu tumbuhannya. Sebelumnya Salak Bali pernah digolongkan menjadi tumbuhan berumah satu karena memiliki alat reproduksi jantan dan betina yang terpisah dalam satu tumbuhan. Namun setelah diteliti, ditemukan bahwa serbuk sari yang dihasilkan bunga jantan tidak fungsional sehingga reproduksinya tidak dapat dilakukan dari tumbuhan yang sama. 

  • Pakis Haji

Tumbuhan hias yang sering ditemui di Indonesia ini hanya memiliki satu alat reproduksi di satu tumbuhan. Oleh karena itu, penyerbukannya sangat tergantung oleh faktor eksternal seperti hewan, manusia, atau angin.

 

Sekarang udah tau kan apa itu rumah pada tumbuhan? Ternyata yang dimaksud rumah pada tumbuhan bukan tempat tinggal layaknya manusia namun keberadaan organ reproduksi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyerbukan tumbuhan juga tidak benar-benar dilakukan sendiri. Diperlukan kerja sama dengan makhluk hidup lain seperti hewan dan manusia. Oleh karena itu, yuk kita bantu eksistensi tumbuhan melalui pelestarian hutan. Pada akhirnya bukan hanya tumbuhan yang membutuhkan manusia, sebaliknya manusia juga sangat bergantung kepada tumbuhan.

 

Penulis: Novia N Sabrina

 

Referensi literatur:

Darmadi, A. A., Uliyanti, A., & Syamsyiati. (2002). Perbungaan Salak Bali. Hayati, 59-61.

Fatchur. (13 Februari, 2016). Kembang Biak Tanaman berumah satu Dan berumah Dua. P2Tel. Tersedia dalam: https://p2tel.or.id/2016/02/kembang-biak-tanaman-berumah-satu-dan-berumah-dua/. Diakses pada 9 Februari 2021.

HANNA, T. (2018). Thrips hawaiiensis Morgan (THYSANOPTERA: THRIPIDAE) POLINATOR KELAPA SAWIT: MORFOMETRIK, KELIMPAHAN POPULASI DAN FREKUENSI KUNJUNGAN (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Hartanto, A. (2019). RAGAM GENETIK POPULASI JAGUNG PUTIH LOKAL (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Lasmiati. (21 Mei, 2013). Tanaman berumah Dua : Lasmiati. Aktifitas | Student Blog. Tersedia dalam: https://blog.ub.ac.id/lasmi/tag/tanaman-berumah-dua/. Diakses pada 9 Februari 2021.

Nurlaili, E. (2019, September 11). Bunga Tanaman Menyerbuk Sendiri. Web Lembaga Civitas Akademik UGM. https://breeding.faperta.ugm.ac.id/2019/09/11/bunga-tanaman-menyerbuk-sendiri-1/.

 

Referensi gambar:

Gambar 1: Photo by cottonbro from Pexels

Gambar 2: Photo by Khanh Le from Pexels

Gambar 3: Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Gambar 4: Photo by FRANK MERIÑO from Pexels

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!

Enable Notifications    Ok No thanks