Menabung Oksigen dari Sekarang Bersama Kaloka Pottery

Kampanye Alam Yuk Menabung Oksigen dari Sekarang LindungiHutan
Foto Kampanye Alam Yuk Menabung Oksigen dari Sekarang © Dokumentasi LindungiHutan

Kampung Laut, Cilacap LindungiHutan sebagai sebuah platform penggalangan dana online dan gerakan pelestarian hutan serta lingkungan hidup di Indonesia, baru saja selesai mengadakan aksi tanam pohon di Cilacap pada 30 Agustus 2020 lalu. Penanaman yang bertajuk ‘Yuk Menabung Oksigen dari Sekarang’, dilaksanakan di Kampung Laut, Cilacap, merupakan hasil kerjasama antara LindungiHutan dan Kaloka Pottery. Project ini dibentuk sebagai upaya untuk mengajak anak-anak muda di Indonesia agar lebih peduli pada kelestarian lingkungan sekitar. Pada kegiatan penanaman kali ini LindungiHutan berhasil mengantarkan 750 bibit mangrove Rhizophora mucronata sukses tertanam. Dengan kondisi rata-rata bibit mangrove yang ditanam oleh LindungiHutan memiliki dimensi tinggi mencapai 70 cm dengan diameter 1,5 cm. Aksi tanam pohon tersebut, dihadiri oleh 10 orang peserta yang terdiri dari tim internal LindungiHutan bersama dengan beberapa di antaranya merupakan mitra petani LindungiHutan. 

Ads

Baca Lainnya : Mengintip Wajah Hutan Indonesia di Masa Depan

Kaloka Pottery merupakan sebuah tempat pembuatan keramik unik secara handmade dengan bahan dasar tanah liat lokal Indonesia yang berlokasi di Bausasran DN III No. 695, Danurajen, Yogyakarta. Kota yang terkenal dengan budaya dan seninya. Bahan sadar tanah liat yang digunakan oleh Kaloka Pottery berasal dari alam nusantara, yang tentunya tidak bisa diambil dengan sesuka hati melainkan harus melalui banyak pertimbangan agar alam nusantara tetap lestari. Melalui kampanye alam “Yuk, Menabung Oksigen dari Sekarang”, pihak Kaloka Pottery ingin melakukan aksi nyata dan bermanfaat bagi Indonesia sebagai balasan atas sumber daya yang diberikan oleh alam untuk Kaloka Pottery. 

Kondisi Perjalanan Menuju Lokasi Penanaman
Foto Gambaran Perjalanan Menuju Lokasi Penanaman © Dokumentasi LindungiHutan

Program kampanye alam “Yuk, Menabung Oksigen dari Sekarang” dimanifestasikan menjadi berupa kegiatan penanaman mangrove di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Daerah ini merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang membutuhkan perbaikan lingkungan. Lokasi daerah Kampung Laut merupakan kumpulan dari pulau-pulau kecil, dan dikelilingi oleh perairan yang disebut sebagai Segara Anakan. Di Kampung Laut terdapat empat desa yang setengahnya berada dekat dengan Pulau Nusakambangan. Sedangkan dua desa lainnya berada di Pulau Jawa. Geografi daerah Kampung Laut yang dikelilingi oleh perairan tidak lantas membuat wilayah tersebut mudah dalam mengakses air bersih. Permasalahan atas air bersih membuat warga kemudian berinisiatif untuk menampung air hujan menggunakan sebuah toren atau tangki air besar yang mampu menampung hingga 2.500 liter air. 

Melihat kondisi ini, Kaloka Pottery bersama Lindungihutan mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak muda untuk memberikan sesuatu kepada alam Indonesia sebagai bentuk rasa syukur atas yang telah alam berikan, sekaligus juga untuk memberikan kontribusi dalam usaha mengembalikan kelestarian alam. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Foto Distribusi Bibit Kampanye Penanaman
Foto Proses Pendistribusian Bibit © Dokumentasi LindungiHutan

Menurut penelitian, setiap orang membutuhkan udara setidaknya 11.000 liter per hari untuk aktivitas normal. Jumlah tersebut setara dengan Rp 91 juta. Sementara itu, seorang manusia dewasa seperti kita membutuhkan setidaknya 7 buah pohon untuk mencukupi kebutuhan udara kita selama setahun. 

Melalui kampanye “Yuk, Menabung Oksigen Mulai dari Sekarang”, Kaloka Pottery dan LindungiHutan mengajak untuk membayangkan apabila tertanam 1000 pohon, bukankah akan sangat menguntungkan untuk tabungan oksigen di masa depan. Oleh karena itu, kampanye “Yuk, Menabung Oksigen Mulai dari Sekarang” ini diinisiasi sebagai salah satu ladang investasi bagi kalangan anak muda sebagai tonggak masa depan Indonesia. 

Penanaman Kampanye di Kampung Laut untuk menabung oksigen
Foto Proses Penanaman © Dokumentasi LindungiHutan

Kegiatan penanaman mangrove di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap diharapkan mampu membantu menjaga kelestarian ekosistem di sekitar daerah Kampung Laut. Program investasi ini juga diharapkan akan memberi benefit dan keuntungan jangka panjang untuk membantu mencukupi kebutuhan udara generasi muda Indonesia di masa depan. (Jehan Adhelia/LindungiHutan)

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!